Minggu, 13 Mei 2012


IMC 2
Analisis SWOT Kasus Apple :
Sengketa Merek Dagang iPad  Antara Apple dan Proview di China






Oleh :
Septian Pratama  44308010028









Marcomm & Advertising, Faculty of Communication
Mercu Buana University
                                                                                                              
Copyright©May,2012





RINGKASAN EKSEKUTIF
Kasus Proview dengan Apple sudah mencuat di Publik sejak tahun 2011 lalu, Menurut VentureBeat, kasus ini bermula ketika Proview menuntu USD10 Juta dari Apple karena menggunakan nama ‘iPad’ secara legal di China. Proview juga berusaha melarang toko-toko di China untuk menjual tablet besutan Apple tersebut sampai tercapainya kesepakatan kedua perusahaan.

Mengenai nama masalah ‘iPad’ ini, sebelumnya Apple mengatakan telah membeli hak atas merek dagang dari Proview pada 2009. Sedangkan Proview, yang memiliki merek dagang iPad sejak 2001, menjelaskan bahwa transaksi pada 2009 tersebut terjadi antara anak perusahaan Proview dan Apple. Karena itulah, pembelian tersebut tidak diperhitungkan untuk di daratan China.[1]









   


 LATAR BELAKANG
Pembuatan analisis SWOT ini sangat diperlukan oleh Apple untuk mengetahui resistensi merek mereka dimata konsumen terkait dengan Brand Image Apple yang baik diseluruh dunia, Apple memiliki ekuitas merek yang kuat di dunia sementara Proview adalah merek yang ber-ekuitas merek jauh dibawah Apple karena jangkauan pasar Proview yang cendrung hanya dikawasan Asia.
Tentu masalah ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pasar Apple “iPad” di Asia. Faktanya china sangat menyukai produk-produk Apple dan china merupakan Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Bayangkan saja jika Apple tidak menjual Ipad nya di china dia (Apple) akan kehilangan Pasar yang sangat potensial dan menguntungkan di Asia.


ANALISIS SITUASI
Apple iPad merupakan PC tablet pengganti desktop atau PC dirumah memiliki banyak fungsi mengedit naskah presentasi, tulisan, sebagai alat untuk bermain musik, bisa juga digunakan Seorang guru sebagai alat untuk mengajar, bisa digunakan seorang dokter untuk melihat hasil USG , bisa digunakan untuk mengedit Video, dll. Dengan prosesor Apple A5 membuat iPad menjadi tablet yang multifungsi dan sangat canggih bisa digunakan oleh anak mulai usia 5 – 60 thn-an, di design sangat slim dan sangat apik dilihat terkesan sangat keren sebanding dengan harga yang dibandrolnya.
Apple bersih keras ingin memasarkan iPad secara legal di China apalagi iPad dengan konsisten mengembangkan iPad nya hingga sekarang sudah ada iPad, iPad 2, dan New iPad (iPad 3), apple juga melihat bahwa China merupakan pasar yang sangat potensial bagi iPad Apple karena China merupakan Negara yang kemajuan ekonominya sangat pesat dan sifat para remaja (Life style) yang sangat antusias dengan kemewahan dan kecanggihan teknologi.
Bahkan tahun 2011 lalu diberitakan di China , ada seorang pelajar pria rela menjual ginjalnya dan hasil dari ginjal yang ia jual dibelikannya iPad dan iPhone. iPad Apple sudah menjadi trend gaya hidup yang keren dikalangan remaja China sehingga produk Apple dapat dengan mudah diterima konsumennya di China.



 ANALISIS SWOT
Strenght (Kekuatan)  Apple :
1.    Seluruh Masyarakat di Dunia tahu iPad adalah Apple (memiliki ekuitas merek yang tinggi dibanding IPAD milik Proview)
2.      Banyak warga di China sangat menyukai iPad Apple
3.      Kekuatan Financial Apple yang sangat Kuat
4.      Kecanggihan Produk iPad Apple
5.      Apple adalah sarana aktualisasi diri seseorang (menjadi trend gaya hidup) di Negara China

Weekness (Kelemahan) Apple :
1.      Hukum di China yang sangat ketat
2.    Rasa Nasionalis hukum dan pemerintahan China yang tinggi (sehingga pemerintah mendukung penuh Proview)
3.      IPAD merek dagang proview sejak 2001 di China (sebelum Apple meluncurkan iPad)

Opportunity (Peluang) Apple:
1.      Proview memiliki banyak hutang Sehingga persoalan ini mungkin dapat diselesaikan dengan jalur Win – Win solution di Luar persidangan.
2.   Banyak Warga China yang sangat menyukai iPad Apple sehingga warga banyak pula yang mendukung produk iPad Apple masuk China
3.    Walaupun produk iPad Apple dilarang keras diperdagangkan sampai kasusnya selesai, akan tetapi banyak toko elektronik di China tetap menjual iPad Apple.
4.      Keseriusan Apple untuk menyelesaikan kasus ini yang didukung penuh oleh CEO Apple Tim Cook yang langsung dating ke China (Sehingga iPad Apple dapat segera dipasarkan secara legal di China)
5.      Apple juga menemukan kasus baru yang menganggap Proview menjiplak salah satu produk Apple di tahun 2000 (sehingga bisa menjadi senjata yang kuat untuk melawan Proview)

  


Threat (Ancaman) :
1.      Ancaman Proview yang ingin memblokade perdagangan Apple iPad di China
2.      Dukungan penuh pemerintah China kepada Proview menghambat perdagangan iPad Apple di China
3. Belum adanya kesepakatan Proview dan Apple, Pasca Apple menawarkan sejumlah uang untuk menyelesaikan sengketa ini.
4.    Proview mengetahui bahwa merek Apple sangat besar sehingga meminta Uang dengan Jumlah yang sangat besar diperkirakan Proview meminta 10Jt USD kepada Apple.
5      Merek dagang IPAD Proview sudah terdaftar sejak tahun 2001 di China (sehingga kemungkinan besar kasus
    dipengadilan tsb, akan memenangkan IPAD Proview)



TUJUAN DAN SASARAN
*      Untuk mengetahui kekuatan Apple dalam menghadapi gugatan Proview
*      Sebagai acuan untuk Apple sebelum memasarkan produknya sebaiknya melakukan riset tentang mereknya di suatu Negara
*      Untuk meramalkan / memperkirakan dampak apa yang didapat dari hambatan kasus ini
*      Sebagai acuan Apple untuk mengabil sikap / tindakan dari kejadian ini
*      Analisis ini juga bertujuan untuk pembuatan rumus pemecahan masalah
*      Sebagai Data/Arsip pribadi Apple (Company Experience).



[1]Okezone techno , 8 Mei 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar